Mengevaluasi Control Panel Hosting

 Pada umumnya website dibuat untuk menyampaikan informasi (konten) kepada khalayak ramal secara cepat dan dapat diakses melalui internet. Website sebagai wadah penyaji informasi di ranah internet dibuat dengan beberapa tahapan dan salah satu tahapan awal dalam membangun website berbasis hosting adalah penggunaan cPanel untuk memudahkan dalam proses pembuatan dan pemeliharaan website. Langkah awal untuk membuat website sendiri dimulai dengan memahami terlebih dahulu tentang seluk beluk cPanel. cPanel sebagai salah satu aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan program-program yang dibuat untuk memudahkan proses hosting pada sebuah website. Sebab aplikasi tersebut akan sering menggunakan cPanel dalam proses pembuatan dan pemeliharaan website. Sederhananya, jika sebuah website diibaratkan sebagai sebuah restoran, maka cPanel adalah dapur dari restoran tersebut. Sebuah restoran dalam memberikan produknya kepada pelanggan, yaitu makanan terdapat proses begaimana makanan itu tercipta di dapur melalui pemotongan bahan dasar dengan pisau, penggorengan dengan katel, merebus dengan panci, dan lain-lain.


Pada pembelajaran ini kita akan membahas lebih dalam tentang control panel hosting. Untuk itu bersungguh-sungguhlah dalam memahami materi berikut ini agar mendapat hasil yang maksimal.


A.Mengenal Control Panel Hosting

Control panel hosting menyediakan solusi elegan sebagai host dari beberapa situs website yang berjalan pada share hosting, VPS (Virtual Private Server) dan dedicated server. Control panel hosting semacam ini menawarkan kemudahan untuk mengelola perangkat lunak berbasis web untuk menyederhanakan proses penanganan server, tanpa perlu memiliki pengetahuan akan server administration. Di samping menentukan layanan hosting murah yang sesuai dengan budget, pemilihan control panel hosting pun menjadi pilihan yang tepat. Control panel hosting ini berisikan berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam sumber som duties 18 September 201 server. Salah satu control panel hosting yang populer digunakan adalah cinel. Serikut ini kita akan membahas tentang cPanel


1. Dasar-Dasar cPanel

Secara sederhana, cPanel identik dengan sebuah web hosting control panel yang digunakan untuk mengatur server yang letaknya sangat jauh (bisa di dalam atau di luar negeri) yang dipakai untuk hosting website, di mana kita bisa mengatur beberapa fungsi dari server tersebut dengan mudah, Bayangkan jika tanpa memakai cPanel ini kita harus bolak-balik ke tempat server berada, guna mengatur domain atau menginstal script semacam WordPress atau Joomla


2. Manfaat cPanel

Panel disediakan oleh perusahaan pemilik server dan diinstal secara langsung pada server yang bersangkutan. cPanel hingga sekarang hanya dapat support dengan server berbasis Linux OS. cPanel sudah disediakan di paket hosting. Beberapa manfaat cPanel, sebagai berikut.

a.Tidak perlu berpergian ke server yang bersangkutan yang meng- hosting website untuk aktivitas tertentu. Cukup hanya duduk di depan komputer dan membuka browser.

b.Mengetahui spesifikasi server yang dipakai. Seperti processor, RAM, disk (yang di-hosting) termasuk Load dari server yang dipakai juga bisa diakses dengan mudah

c.Mengatur pemakaian domain, mengatur file dari website,mengatur database, dan lain-lain


3.Fitur Panel

Dengan adanya cPanel ini sangat membantu blogger dan website developer dalam membuat konten website yang berkualitas, mudah dan juga murah. cPanel sendiri ini berbayar. Pada dasarnya, fitur-fitur dari cPanel tergantung dari ketersediaan pihak penyedia hosting. Namun, secara garis besar fitur-fitur cPanel adalah sebagai berikut.

1. Preference

Tersedia berbagai macam tutorial berupa video dan artikel, serta pengaturan dari cPanel seperti mengubah tema, bahasa (belum tersedia bahasa Indonesia), dan lain-lain.

2.Mail

Tersedia berbagai opsi yang mengatur E-mail pribadi yang berdasarkan Domain yang dipakai. Biasanya juga terdapat fitur anti spam seperti Spam assasin yang di bundling di fitur ini.

3.Files

Mengatur tentang file yang masuk di hosting, Pemilik bisa mengakses file yang ada di hosting, mengedit file hosting tersebut, backup file yang ada di hosting dan lain-lain.

4.Logs

Untuk melihat aktivitas tentang siapa saja user yang mengakses website, check IP dari pengunjung website. Memasang password pada folder/direktori dari file hosting dan lain-lain.

5.Domain

Mengatur tentang pemasangan domain, add-ons domain, sub domain pengaturan DNS dan lain-lain.

5.Database

Mengatur tentang database dari website, seperti database mySQL, dan PhpMyAdmin.

6.Software

cPanel juga mendukung pemasangan script aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut seperti diantaranya adalah Softtaculus (pemasangan WordPress Joomla, Drupal dalam satu klik) Cloudfire CDN dan lain-lain.

Komentar